Jumat, 09 Juli 2010

Piala Dunia 2010 : Prediksi Sering Berbeda dengan Hasil

Bola adalah bundar atau dengan kata lain kita bisa prediksi hasil pertandingan tetapi hasil pertandingan bisa lain. Persiapan dan kerja keras (usaha) bisa dilakukan sebaik mungkin namun ternyata dewi fortuna bisa tidak berpihak. Tujuh negara yang pernah menoreh Juara Dunia tentu berharap Piala Dunia 2010 akan kembali ke negara mereka, yaitu Inggris, Italia, Perancis, Brasil, Argentina, Jerman dan Uruguay harus pulang sebelum mencapai final. Tahun 2010 ini kita akan punya negara ke-8 yang kan menjadi Juara Piala Dunia 2010. Pemain atau pelatih menanggung malu bahkan ada yang bermaksud mundur karena gagal mempersembahkan yang terbaik buat bangsanya. Padahal pelatih dan pemain tersebut telah berusaha dan bermain sebaik mungkin. Hanya perlu 1 negara Juara dari 32 negara di putaran final atau kans tiap negara adalah 3%.


Para analis, pengamat sepakbola, jurnalis media, penulis sampai blogger seperti saya sering memprediksikan hasil pertandingan. Sebagai bahan analisa bisa bermacam-macam, historis (sejarah) keberhasilan dan kegagalan kesebelasan/pemain/pelatih, statistik selama ini, keunggulan dan kelemahan team, faktor psikologis team dan pemain, adu strategi pelatih atau faktor lain yang unik. Akurasi atas prediksi tersebut berbeda-beda, secara umum dari pengamatan selain 7 negara yang punya historis sebagai Juara Dunia tersebut dengan 1 negara lain yang unik tiap analis plus finalis saat ini (Belanda dan Spanyol) maka secara kasar dapat diperhitungkan keakurasian prediksi adalah sekitar 2 finalis / 10 negara pilihan atau 40% nya. Saya memprediksi 10 pertandingan dengan hasil sesuai 3 pertandingan atau 30%nya, dengan 5 pertandingan yang salah prediksi saya tulis akan berlangsung ketat sehingga sebenarnya sulit diprediksi.


Saya hanya mau menyampaikan, tidak hanya prediksi para analis, warga negara yang ikut pada putaran final di Afrika Selatan dan mantan Juara Dunia yaitu Inggris, Italia, Perancis, Brasil, Argentina, Jerman dan Uruguaypun bisa salah kira atau prediksi. Team Jagoannya atau unggulannya yang semula dianggap bisa Juara ternyata harus pulang kandang lebih cepat. Dari tujuh team tersebut yang masih bisa pulang dengan kepala tegak dan disambut dengan meriah mungkin hanya Uruguay yang telah melampaui perkiraan bahkan nyaris saja bisa meraih kembali piala dunia 2010.


Kalah dan menang adalah biasa dalam olah raga, sehubungan yang Juara hanya 1 maka 31 team pasti kalah, tinggal kita atau warga negara/simpatisan negara-negara tersebut yang perlu punya sudut pandang yang positif. Kekalahan bukan segala-galanya, telah menyuguhkan pertandingan yang menarik, telah melakukan perjuangan dan usaha dengan daya juang dan gairah yang tinggi perlu mendapatkan applaus dan penghargaan setinggi-tingginya. Kalau kita mau jujur ke-32 team tersebut patut mendapatkan penghargaan karena selama 1 bulan ini telah menghibur (kadang bikin sedih juga sih :)) 700 juta pasang mata di depan televisi dan internet. Jadi mari kita melihat dari sisi lain.


Terima kasih pada para pelatih dan semua pemain dari semua negara karena telah menyuguhkan 48 pertandingan bola yang menghibur dan mengharu birukan. Satu tentunya dambaan bangsa Indonesia moga-moga saja dengan usaha bersama bahu membahu, persiapan dan dukungan bersama, serta doa tulus dari seluruh bangsa Indonesia di Brasil 2014 Indonesia merupakan salah satu wakil dari Asia di Putaran Final Piala Dunia 2014.


Semoga.

8 komentar:

  1. Paul vs Ki Joko Bodo vs Roni Pangemanan...akurat Paul...
    tanya kenapa ????

    BalasHapus
  2. Namanya juga prediksi ... kalah komentar gini dan menang komentar gono ...yang jelas nikmati tontonan 4 tahunan ??????

    BalasHapus
  3. facebook w gk bs di gunain napa ya bro..? tp enakn ngblog aja !

    BalasHapus
  4. IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

    BalasHapus
  5. terima kasih panitia dan sukses untuk lomba ini dan event2 berikutnya, saya jawab dari email saya bowox9@gmail.com

    BalasHapus
  6. @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

    BalasHapus
  7. Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

    BalasHapus
  8. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus