Sabtu, 19 Februari 2011

AFC Champions League : Sriwijaya FC (Indonesia) vs Al Ain (Uni Emirat Arab)

Suatu kebanggaan kita semua bangsa Indonesia jika klub dari Indonesia, Sriwijaya FC, berhasil melewati satu langkah lagi melawan Al Ain (UEA) untuk memasuki Grup F pada AFC Champions League. Jika Srwiwijaya FC berhasil Indonesia bisa menempatkan 2 klub bersama Arema Malang yang terlebih dahulu lolos ke grup G. Pertandingan ini rencana diselenggarakan pada Sabtu 19 Februari 2011 pukul 15 : 15 yang disiarkan langsung oleh RCTI.


Tiga grup lain telah menunggu di group F yaitu Nagoya grampus (Jepang), Hangzho Greenwtown (China) dan FC Seoul (Korsel). Tahun 2010 Indonesia diwakili oleh Persipura Jayapura dan tahun 2009 diwakili Sriwijaya FC. Tentunya dengan 2 klub kans Indonesia untuk berprestasi lebih besar.


Kejuaraan AFC Champions League merupakan kejuaraan yang sejak tahun 1967 diadakan sampai sekarang. Kejuaraan antar klub se-asia ini diadakan tiap tahun untuk berkompetisi atas juara klub di masing-masing negara untuk menjadi klub yang terbaik di Asia. Selama ini Indonesia tidak pernah menjadi Juara bahkan Runner up pun. Al Ain (UEA) pernah satu kali menjadi runner up tahun 2005 dan Juara AFC Champion League tahun 2002/2003 .


Dalam babk Play off sebelumnya Sriwijiaya berhasil mengalahkan Muang Thong United (Thailand) dengan adu penalti 7 : 6 setelah berakhir seri 2 : 2.


Sriwijaya FC


Sriwijaya FC merupakan Juara Liga Indonesia tahun 2010 yang merupakan metamorfosis dukungan warga sumatera selatan terhadap kesebelasan kebanggaannya. Awalnya didirikan tahun 1976 sebagai Persijatim, tahun 2002 sampai 2004 karena alasan finansial pindah ke solo menjadi Persijatim Solo FC dan kemudian dibeli pemerintah Sumatera Selatan berganti nama menjadi Sriwijaya FC Palembang untuk menjadi salah satu pemersatu warga Sumatera Selatan yang cinta akan sepak bola. Kesebelasan berjulukan Laskar Wong Kito sejak tahun 2007 bertabur prestasi seperti : tahun 2007 Juara Liga Indonesia, Tahun 2008, 2009 dan 2010 Juara Piala Indonesia, serta 2010 bertambah lagi menjadi Fair Play Team Liga Super Indonesia, Community Shield dan Inter Island Cup.


Banyak pemain di Sriwijaya FC menjadi pemain nasional diantaranya Ponaryo Astaman, Ferry Rotinsulu, Firman Utina, Arif Suyono, Muhamad Ridwan, Oktovianus Maniani, Budi Sudarsono, dan Ahmad Jufriyanto. Fans klubnya dalam jaringan facebook mencapai 360 ribu melebihi kapasitas Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring yang hanya 40 ribu. Saat ini dilatih oleh Ivan Kolev berkebangsaan Bulgaria yang juga pernah melatih kesebelasan Indonesia tahun 2002 - 2004 dan 2007 - 2008. Bahkan Ivan Kolev pernah menjadi pelatih Bulgaria tahun 1997 -2002 dan 2008 -2009 khususnya untuk yang usia muda.


Al Ain


Kesebelasan Al Ain tidak bisa diremehkan begitu saja, selain pernah menjadi runner up dan juara di AFC Champion League, juga kesebelasan ini berasal dari negara kaya sehingga segala fasilitas terpenuhi, baik dari kenyamanan, makanan, akomodasi dan bonus yang bisa menjadi motivasi pemain untuk bermain sebaik mungkin.


Kesebelasan yang berdiri sejak tahun 1968 merupakan kesebelasan paling terkenal dan bertabur prestasi di Uni Emirat Arab, berjuluk The Boss bengoleksi 54 kejuaraan termasuk 14 diantaranya Juara Liga di UEA. Presiden klub ini Mohammed bin Zayed Al Nahyan adalah putra mahkota Kerajaan Abu Dhabi. Wajar saja pemain Al Ain diterbangkan ke Palembang dengan pesawat jet pribadinya.


Alexandre Gallo sang pelatih adalah pelatih muda yang sewaktu jadi pemain banayk bermain dan berprestasi di Sao Paulo di Brasil yang menghasilkan banyak pemain legendaris dunia, meski sempat bergonta ganti klub sebelum dan sesudahnya. Salah satu pijakan penting sebagai pealtih adalah menjadi asisten pelatih Carlos Alberto Parreira in Corinthians, in 2002. Carlos adalah pelatih yang disegani dan telah melatih 5 negara pada Piala Dunia dan salah satunya membawa Brasil menjadi Juara Dunia tahun 1994.


Sebagian besar pemain Al Ain adalah asli UEA, hanya tiga pemain asing yaituIbrahim Keita dari Pantai Gading, Milovan Mirosevic dari Chili dan Elias Ribeiro dari Brasil.



Pertandingan Sriwijaya FC dan Al Ain

Secara keseluruhan pihak Sriwijaya FC dan Al Ain tidak begitu mengetahui kekuatan masing-masing, namun demikian dengan kekompakan team dan daya juang bermain yang kuat akan meloloskan salah satunya dalam babak Grup F di AFC Champion League. Ini pertandingan penting dan menarik. Usdha tidak sabar untuk menanti, perkiraannya 50 : 50 untuk keduanya.

7 komentar:

  1. cocok dipasangkan menjadi calon presiden dan wapres di negara nusakambangan.

    BalasHapus
  2. enak jg jadi orang top ya,....

    BalasHapus
  3. keywordz aku hari ini yang menjadi "nomor 1" dan "halaman pertama" google adalah :

    "tupperware promo maret 2011"

    nggak percaya...??? coba aja copas keyword itu ke kotak searching google, pasti yang muncul Blog ini....

    Hehehehehee..... :D

    BalasHapus
  4. Sekitar 1,550,000 hasil (0.09 detik)

    BalasHapus
  5. Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

    BalasHapus
  6. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus