Rabu, 30 Juni 2010

Apa bisa Indonesia jadi Juara Piala Dunia ?

Beberapa negara yang pernah menjadi juara Piala Dunia adalah Brasil, Jerman, Perancis, Argentina, Inggris dan Italia. Sungguh suatu kebanggaan buat warga negaranya atas kemenangan tersebut. Selama berhari-hari setiap pelosok dan setiap warga Negara merasakan kebahagiaan. Suasana kemenangan adalah suasana kebanggaan akan Negara, semangat atas tercapainya suatu tujuan besar dan proses panjang perjuangan ada hasil yang mengembirakan.


Kemenangan bukan perkara mudah. Kesuksesan adalah buah persiapan yang matang bertemu dengan kesempatan. Tiap negara pemenang Piala Dunia bukan tidak pernah berjuang atau berproses. Butuh tahapan-tahapan, strategi dan komitmen kuat dari banyak pihak untuk merealisasikan tujuan. Perjuangan untuk hasil terbaik berasal dari talenta yang terbaik, diasah oleh pelatih terbaik, dalam liga dengan kompetisi terbaik, dikelola dengan komitmen tinggi , perjuangan panjang akan ada hasilnya.


Berkaitan dengan pencapaian Juara Piala Dunia berikut uraian poin-poin penting di atas yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi Juara Piala Dunia, semoga Indonesia bisa mencapainya :




  • Awal, mimpikan secara tahap, mimpi awal Indonesia bisa masuk putaran final Piala Dunia, selanjutnya jadi tuan rumah dan selanjutnya prestasi lebih tinggi kembali.

  • Persiapan terbaik adalah 50% dari tahap kesuksesan, jalan persiapan terbaik adalah membuat blue print persepakbolaan nasional untuk 5 tahun, 10 tahun dan 25 tahun ke depan. Kesempatan bukan ditunggu tetapi harus diraih yaitu dengan mencanangkan prestasi tahap demi tahap. Pada saat persiapan bertemu kesempatan yang diraih, prestasi secara bertahap akan berpihak pad Indonesia.

  • Dari terbaik, oleh terbaik, untuk terbaik dan dengan cara terbaik. Semua hal dilakukan dengan menaikkan tingkatan pada hal yang terbaik.

    • Belajar dan memanggil ahli dari negara dan orang-orang terbaik di dunia. Tidak mungkin suatu prestasi ada jika tidak mengikuti langkah-langkah dari yang terbaik yang sudah terbukti persepakbolaannya. Salah satu cara belajar dari pelatih, pemain dan pengelolaan persepakbolaan pemenang piala dunia. Tahap belajar ini termasuk ilmu yang mendukung persepakbolaan nasional misalnya : ilmu gizi, ilmu peningkatan fisik, strategi dalam persepakbolaan, pengelolaan pendidikan sepak bola, pengelolaan keuangan tim sepak bola dan turnamen sepak bola, ilmu psikologi, ilmu motivasi dan lain sebagainya pokoknya yang memperbesar kemampuan banyak pihak pada kemajuan sepak bola.

    • Bakat dan talenta pemain dicari sejak dini dengan mengadakan kompetensi sepak bola dari daerah-daerah dan nasional. Dengan demikian akan tersaring bakat-bakat yang terbaik untuk diperkembangkan menjadi pemain-pemain tingkat nasional dan dunia manjadi yang terbaik.

    • Kompetensi tidak harus mahal dan berskala besar. Laos yang pernah mengalahkan Indonesia pada SEA GAMES, pemain nasionalnya berasal dar hasil kompetensi tarkam (antar kampong) yang dilakukan secara konsisten dan berkomitmen penuh memajukan persepakbolaan. Kompetensi digalakkan dari mulai tingkat masyarakat daerah dan aik lagi sampai kompetensi tingkat nasional. Kompetensi dibuat yang berbiaya murah dan teratur dengan tetap mengedapankan perputaran seleksi dan pengembangan bakat-bakat pesepakbola tingkat nasional dan inetrnasional.

    • Kunci utama keberhasilan adalah strategi pembinaan secara bertahap mulai usia dini dan menengah, kompetensi dari tingkat daerah dan kelompok, pelaksanaan sportifitas di semua lini, pengembangan berkesinambungan atas pengetahuan dan peningkatan kemampuan persepakbolaan dari semua lini.



  • Antusiasme, semangat dan komitmen penuh untuk melaksanakan secara bersama-sama adalah spirit bersama dalam mengembangkan persepakbolaan. Banyak stakeholder (pihak yang berkepentingan) dalam sepak bola dari mulai pemain, pelatih, wasit, penyelenggara, pemerintah daerah, pengiklan, event organizer, advertising company, penyandang dana, pemerintah pusat, organisasi sepakbola, klub penonton dan pihak-pihak lain yang secara bersama perlu selalu ditum buhkan antusiasme, semangat dan komitmen untuk saling memajukan sepak bola nasional.

  • Pelaksanaan adalah hal krusial dan terpenting atas semua rencana dan pertimbangan di atas. Untuk terlaksananya program di atas, terlebih dahulu pengembangan sepak bola mulai dari pembinaan di sekolah-sekolah unggulan sepak bola, peningkatan kompetisi tingkat daerah/kolmpok dan nasional, serta peningkatan terus menerus sehingga pemain Indonesia tidak hanya tingkat nasional tetapi bahkan dapat merambah internasional.


Untuk mencapai hal tersebut saatnya bahu membahu agar mimpi Indonesia masuk putaran nasional akan makin mudah untuk diwujudkan.




Semoga, salam sepak bola

7 komentar:

  1. amin.....,
    moga suatu saat indonesia bisa....

    Kunjungi Juga Blog Saya

    BalasHapus
  2. Paul vs Ki Joko Bodo vs Roni Pangemanan...akurat Paul...
    tanya kenapa ????

    BalasHapus
  3. Namanya juga prediksi ... kalah komentar gini dan menang komentar gono ...yang jelas nikmati tontonan 4 tahunan ??????

    BalasHapus
  4. facebook w gk bs di gunain napa ya bro..? tp enakn ngblog aja !

    BalasHapus
  5. IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

    BalasHapus
  6. @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

    BalasHapus
  7. Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

    BalasHapus