Kamis, 17 Juni 2010

Apa media untuk update Piala Dunia ?

Wahh untuk update Piala Dunia sayang jika terlewatkan. Pesta akbar 4 tahun sekali ini benar-benar medan magnet setidaknya untuk 700 juta lebih masyarakat pecinta bola dari 6 milyar penduduk dunia. Lebih dari 5 miliar USD telah dikeluarkan Afrika Selatan, sayang sekali kalau tidak dibuat mendunia dan akbar. Segala media dimasuki berita dan analisa Piala Dunia ini setidaknya dalam 1 bulan, 11 Juni 2010 sampai 11 Juli 2010.


Berikut hasil sharing dengan keluarga dan teman-teman tentang mediauntuk update Piala Dunia :




  • Televisi, sudah menjadi prioritas saat ini di hampir tiap ruang keluarga televisi sebagai media utama untuk update Piala Dunia. Antara pukul 20.00 WIB sampai 3.30 WIB (atau jam yang bersesuaian) di pelosok dunia, bola mania ada di depan televisi. Untuk Indonesia, Global TV dan RCTI sebagai Partner TVsecara berkala menyiarkan siaran langsung dan siaran tunda pertandingan Piala Dunia. Untuk TV yang lain tentunya menyuguhkan up date secara khusus dalam berita olahraganya. Wah kalau jadi pengen Nonton bareng !!

  • Tanya teman dan keluarga, kekerabatan, pertemanan dan kekeluargaan lebih baik dan meningkatjustru pada Piala Dunia kali ini. Bagaimana tidak ? Karena ada satu atau lebih anggota keluarga atau teman yang melihat siaran langsung, terutama yang bola mania, dia sering kita jadikan sebagai tempat bertanya seperti posisi akhir pertandingan, pencetak goldan gambaran sekilas pertandingan.Jangankan ditanya, secara plas plos mereka akan bercerita di pagi harinya. Wah bikin suasana kehidupan menjadi makin bersemangat dan menggembiran. Toh Indonesia belum menjadi salah satu negara yang beruntung bisa masuk putaran final Piala Dunia jadi suasana adanya gembira saja. Untuk cara tanya teman dan keluarga juga beraneka ragam,yaitupertemuan langsung,bertelepon ria, ber-sms-an, ber-facebook-an, ber-twitter-an, atau media komunikasi bentuk lain. Pada saat ini traffic telepon, sms dan data (akses internet) meningkat sehubungan komunikasi antar teman dan keluarga makin erat. Berapa skornya ? Siapa pencetak golnya ?

  • Internet - super portal, baik secara waktu khusus atau sambil lalu pada waktu on line via PC, laptop dan mobile (hand phone), sangat mudah ditebak,mereka sedikit banyak akanmelihathasil terkini pertandingan Piala Dunia. Saya sendiri gatal jika tidak browsing (menjelajahi) internet terutama link super portal untuk update Piala Dunia. Berdasarkan ngobrol-ngobrol dengan teman dan keluarga, media yangbiasa diakses untuk up date Piala Duniadiantaranya : www.kompas.com, www.fifa.com, dan www.detik.com terutama bagian sportnya. Bukankah hampir semua informasi ada di super portal ?

  • Koran, tabloid dan Majalah, biasanya tidak semua orang bisa dan suka duduk melihat siaran langsung pertandingan, nah media yang menjadi alternatif update Piala Dunia adalah koran, tabloid dan Majalah. Memang terlambat beberapa jam atau harian, sehubungan obrolan sepak bola Piala Dunia ada di mana-mana, tergoda juga untuk melihat update berita dan analisa pesta akbar ini. Merekamerasa kalau tidak ter up-date tidak gaul rasanya.Bukankah saat ini era platinum, setiap waktu perlu ter-up date informasi ?

  • Twitter, salah satu media yang saya suka saat ini dan beberapa teman terutama yang mobile (selalu bergerak dan ketagihan arus informasi) twitter adalah media yang jadi pilihan. Updatenya hanya 140 karakter, namun berita lengkapnya bisa diklik link di bagian akhirupdate status. Ada3 cara yang mudah melihat perkembangan terkini Piala Dunia. Pertama, lihat trending topics di bagian kanan, sebagian besar adalah tentang piala dunia, seperti pada saat berita ini di buat, ada 6 dari 10 trendingutama adalahsekitar Piala Dunia,yaitu #worldcup, #uru, Diego Forlan, Bafana, Vuvuzela, Uruguai. Cara kedua adalah following link-link berita, seperti kompasdotcom, detik,ataucara yang saya lakukan following fifacom.Cara ketiga tanya ke teman Anda via twitter. Sebenarnya dengan hanya membuka akses twitter, selalu ada saja berita sekitar perkembangan terkini Piala Dunia, bahkan sering terjadi traffic sangat besar sehingga akses twitter sering terganggu. Woow keren bukan ?

  • Internet - Search Engine, jika Anda bingung namun bisa akses internet, silahkan buka www.google.com, www.yahoo.com atau www.bing.com, lalu ketik kata kunci untuk up date informasi misalnya : hasil pertandingan UruguayAfrika Selatan, jadwal pertandingan piala dunia, diego forlan dan lain sebagainya. Link hasil pencarian akan ditampilkan dan Anda tinggal memilih berita yang diinginkan. Hidup makin mudahbukan ?

  • Radio, ini adalah media informasi yang masa dulu jadi andalan. Secara tidak sengaja dalam perjalanan saya memutar channel radio, ternyata ada lho yang memberikan ulasan pertandingan langsung. Kadang juga sesi wawancara dan up date berita via radio. Wah enak ya modal kuping tapi informasi ter update?

  • Nonton Siaran Langsung, ini adalah pilihan yang akan jarang dilakukan, ada sedikit warga negara Indonesia yang bisa menikmatinya. Berbahagialah yang bisa dan boleh hadir langsung di pertandingan di stadion Afrika Selatan. Wah suasana pertandingannya pasti seru. Seandainya Indonesia tuan rumah, kita bisa nonton siaran langsung dong ?


Nah, demikian media untuk update Piala Dunia berdasarkan perbincangan dengan teman dan keluarga. Bagaimana dengan media informasi Anda ? Mudah-mudahan untuk pilihan terakhir kita sempat menjadi saksi sejarah langsung, Indonesia menjadi tuan rumah.


Selamat menikmati Piala Dunia ini.

5 komentar:

  1. terimakasih
    http://blog.unand.ac.id/ariamrinal

    BalasHapus
  2. analisis yang menarik. kalau toh jerman gagal kali ini, di piala eropa dua tahun mendatang atau di piala dunia empat tahun mendatang mereka pasti akan lebih matang

    walau mengagumi jerman aku tetap memfavoritkan inggris, hehehe

    salam kenal

    BalasHapus
  3. thanks commentnya dan salam kenal, apapun jagoan kita khan tidak masalah..heheheh

    BalasHapus
  4. Temen saya bilang, "ditinggal pacar gua nggak nangis, ditinggal suami gua nggak sedih, tapi waktu tahu Jerman kalah, gua sakiiit banget." Sampe segitunya ya cintanya sama tim panser. ck...ck...ck... btw, apa kabar nih PSSI?

    BalasHapus