Jumat, 18 Juni 2010

Piala Dunia : Argentina, Kinerja Awal Diragukan

Argentina negara yang berhasil meraih Juara Piala Dunia 2 kali yaitu 1978 dan 1986. Kesebelasan yang disebut La Albiceleste (White and Sky blue) mengikuti kualifikasi area CONMEBOL dengan terseok-seok, dari 18 pertandingan, 6 kali mengalamikekalahan atau sepertiga dari pertandingan. Argentina saat ini ranking FIFA nomor 7. Prestasinyua selain memenangi 2 kali Piala Dunia, 14 kali Copa America dari 32 kali keikutsertaan, 2 kali memperoelh emas Olimpiade tahun 2004 dan 2008, serta menjuarai Piala Konfederasi.


Sejak 2008 dilatih Diego Maradona, Sang Legenda yang diharapkan memberikan harapan baru untuk bisa meraihJuara Piala Dunia seperti halnya diraihnya pada tahun 1986. Sungguh suatu harapan yang memungkinkan untuk direalisasikan.


Skuad Argentina merupakan gabungan pemain senior dan yunior. Pemain belakang berumur antara 28 sampai 32 tahunkecuali Nicols Otamendiberusia 22 tahun. Pemaingelandang antara 20 sampai 26 tahun, kecuali Maxi Rodrguez29 tahun dan Juan Sebastin Vern35 tahun. Penyerang berusia 22 sampai 26 tahun seperti Gonzalo Higuan, dan Lionel Messi, lainnya Martn Palermo36 tahun danDiego Milito31 tahun.


Diego Maradona memang sengaja memadukan antara generasi muda dan senior. Beberapa pemain yang berhasil emnggondol medali emas olimpiade yang masuk team piala dunia adalah : Sergio Romero, Javier Mascherano, Lionel Messi,Sergio Agero, ngel di Mara. Secara umum dari 19 pemain, 10 berumur 29 tahun ke atas, sisanya pemain muda. Bahkan kaptennya Javier Mascheranoberumur 26 tahun sama dengan kapten team Jerman Philipp Lahm.


Dalam putaran final Argentina berada di grup B bersama dengan Korea Selatan, Nigeria dan Yunani. Dalam hitung-hitungan peringkat FIFA, pengalaman bertanding, dan perolehan prestasi Argentina lebih baik daripada 3 negara lain. Yunani saja yang mungkin perlu diperhitungkan sehubungan pernah menjadi Juara Eropa tahun 2004. Korea Selatan yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2002 berhasil menempati peringkat ke-4, Park Ji Sung sebagai kapten merupakan gelandang Manchester United. Sedangkan pemain Argentina 13 dari 19 pemainnya merumput di klub Eropa dan sisanya di klub terkenal di Amerika Latin.


Dalam Piala Dunia 2010 kali ini yang diperlukan Argentina adalah kekompakan dan kerja sama team yang solid. Argentina dikenal pemain-pemainnya sebagai bintang di banyak klub terkenal, namun pada saat membela negara kepaduan dan chemistry team tidak ada sehingga sering tertahan di ronde pertama dan paling baik perempat final sejak piala dunia tahun 1994.


Inilah saatnya semua anggota team bahu membahu menjadi team yang padu dengan dimanajeri dan dilatih oleh Diego Maradona yang sebagai pemain pernah memenangi piala dunia tahun 1986. Semoga mereka bisa membuktikan untuk ketiga kalinya piala dunia sepak bola mampir ke Argentina.

4 komentar:

  1. analisis yang menarik. kalau toh jerman gagal kali ini, di piala eropa dua tahun mendatang atau di piala dunia empat tahun mendatang mereka pasti akan lebih matang

    walau mengagumi jerman aku tetap memfavoritkan inggris, hehehe

    salam kenal

    BalasHapus
  2. thanks commentnya dan salam kenal, apapun jagoan kita khan tidak masalah..heheheh

    BalasHapus
  3. Temen saya bilang, "ditinggal pacar gua nggak nangis, ditinggal suami gua nggak sedih, tapi waktu tahu Jerman kalah, gua sakiiit banget." Sampe segitunya ya cintanya sama tim panser. ck...ck...ck... btw, apa kabar nih PSSI?

    BalasHapus
  4. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus