Minggu, 13 Juni 2010

Nonton Piala Dunia : Ambil Hikmah dari Nonton Bola

Jujur sebenarnya saya tidak suka nonton bola. Pada saat gema Piala Dunia 2010 mulai menguat, magnetnya begitu kuat. Suka tidak suka, mau tidak mau saya mulai cari celah untuk menyukai bola. Lama kelamaan nonton bola memang mengasyikan.

Ada beberapa hal hikmah dari nonton bola, dalam tulisan ini saya akan berbagi beberapa diantaranya :

  • Aturan dan norma melingkupi kita, seperti halnya sepak bola mempunyai aturan, kita dilingkupi aturan dan norma di sekitar kita. Jika mengikuti aturan dan norma hidup akan lebih lepas dan bebas. Aturan dan norma sebenarnya untuk membebaskan dan membuat segala kegiatan lebih tulus dan penuh kesungguhan. Sebaliknya ada juga yang menyerempet aturan dan norma, sebagai sebab akibat akan mendapatkan 'kartu kuning' atau 'kartu merah'. Dalam kehidupan nyata jika melanggar aturan atau norma akan mendapatkan teguran, sanksi atau denda dari otoritas dan pengawas peraturan. Jika melanggar norma bisa dapat teguran atau sanksi dari masyarakat publik. Bagaimana dengan Anda dalam melihat aturan dan norma ?



  • Kehidupan adalah art (ada seninya), sepak bola penuh dengan kemungkinan dan strategi untuk mencapai satu tujuan yaitu juara dalam kompetensi. Atas segala kemungkinan itu dikenal istilah serangan balik, pertahanan grendel, serangan sayap, penyerang, gelandang, gelandang bertahan, seni samba sepak bola, total football dan lain sebagainya. Seperti dalam menghadapi permasalahan di dunia nyata, solusinya bisa didapat atau dilakukan dengan cara menyerang balik, atau seperti bek dalam posisi bertahan. Jadi analogi dalam sepak bola bisa menjadi isnpirasi dalam menghadapi kehidupan nyata. Pikiran, analogi dan pertimbangan nyeleneh ini apa ada pada diri Anda ? Pernah terbayang dapat inspirasi dari bola ?



  • Kebersamaan di atas usaha perseorangan, kerja sama antara anggota team bola termasuk dengan pelatih akan memberikan hasil optimal, demikian juga dalam team di kehidupan nyata, kerja sama team yang baik akan lebih efektif mencapai tujuan daripada bekerja sendiri. Anda suka bekerja dalam team atau sendiri ? Pernah mencoba dalam posisi dipimpin dan memimpin ?



  • Lebih baik berkeringat pada saat latihan daripada mati saat berperang, untuk menjadi pemain sepak bola profesioanl selain talenta juga perlu didukung latihan terstruktur/sistematis yang efektif, efisien dan tanpa henti agar makin menjadi pemain yang makin profesional dan makin bermutu. Dengan demikian team dapat mencapai tujuan untuk memenangkan pertandingan, daripada tanpa usaha yang keras sehingga team keok dan harus pulang kandang lebih cepat. Apakah Anda selalu belajar dan berlatih keras untuk mencapai sesuatu ? Latihan akan membuat kita makin mahir dan sempurna.



  • Tiap usaha harus ada goalnya, seperti dalam sepak bola, kemenangan team adalah memasukkan bola ke gawang lawan pada jam pertandingan. Demikian pula dalam kehidupan nyata tiap usaha harus mempunyai satu goal/tujuan yang sudah didefinisikan. Tanpa ada goal atau tujuan, kehidupan menjadi tanpa arah. Apakah Anda sudah punya dan selalu mereview tujuan/goal kehidupan Anda secara bertahap ?


Wah kalau digali lebih dalam akan makin dalam lagi dan magnet menonton bola makin menggairhkan, apalagi ini pesta akbar sepak bola tingkat dunia dan paling ditunggu-tunggu. Jadi hikmah apa yang Anda peroleh dari menonton bola ? Coba ceritakan dan sampaikan dalam bentuk komen di bawah. Terima kasih, kita nonton lagi ya, wah jadi makin semangat nonton nih.














4 komentar:

  1. saya jagokan Brazil vs Jerman bertemu di final World Cup 2010 ....salam Bola Lovers

    BalasHapus
  2. analisis yang menarik. kalau toh jerman gagal kali ini, di piala eropa dua tahun mendatang atau di piala dunia empat tahun mendatang mereka pasti akan lebih matang

    walau mengagumi jerman aku tetap memfavoritkan inggris, hehehe

    salam kenal

    BalasHapus
  3. thanks commentnya dan salam kenal, apapun jagoan kita khan tidak masalah..heheheh

    BalasHapus
  4. Temen saya bilang, "ditinggal pacar gua nggak nangis, ditinggal suami gua nggak sedih, tapi waktu tahu Jerman kalah, gua sakiiit banget." Sampe segitunya ya cintanya sama tim panser. ck...ck...ck... btw, apa kabar nih PSSI?

    BalasHapus