Jumat, 25 Juni 2010

PD 2010 : Tersingkir secara Tragis Mantan Juara Perancis dan Italia

Nama besar kesebelasan sepak bola tidak menjamin prestasi saat ini. Bola itu bundar. Segala kemungkinan bisa terjadi. Kinerja atau prestasi masa lalu belum tentu berkorelasi dengan kinerja atau prestasi saat ini.Seharusnya untuk Perancis (Juara Piala Dunia 1998, Juara Eropa 1984 dan 2000, Medali Emas 1984, Ranking FIFA 9) dan Italia (Juara Piala Dunia 1934, 1938, 1982, 2006, Juara Eropa 1968 , Medali Emas 1936, Ranking FIFA 5) di atas kertas lolos dari babak pertama. Kenyataannya Perancis dan Italia tersingkir dengan tragis.



Perancis hanya memperoleh nilai 1 hasil mengimbangi Uruguay 0 : 0. Dua pertandingan lainnya mengalami kekalahan dengan Meksiko 0:2 dan Afsel 1 :2. Kebobolan 4 gol dan hanya mampu menggolkan 1 gol dari Florent Malouda. Pasukan penyerang Perancis : Sidney Govou, Franck Ribery, Andre Pierre Gignac, Nicolas Anelka, Thierry Henry, Djibril Cisse, dan Mathieu Valbuena tak satupun berhasil menggolkan bola ke gawang lawan.
Perancis dibayang-bayangi konflik internal, bermula dari emosi Nicolas Anelka kepada Pelatih Raymond Domenech yang membuat Federasi Sepak Bola Perancis alias French Federation Football (FFF) mengambil langkah tegas dengan memulangkannya lebih awal. Berikutnya ke-22 pemain Perancis tersisa kompak mogok latihan dan konflik tersebut berdampak kekalahan pertandingan erakhir dengan Afsel 1 : 2. Dengan tertunduk lesu team Perancis pulang kandang bahkan dengan pesawat kelas ekonomi.
Italia yang berada di group F hanya berhasil menghasilkan nilai 2, hasil imbang masing-masing 1 : 1, baik dengan Paraguay dan Selandia Baru. Seharusnya Itali cukup imbang dengan gol minimal 2 : 2 untuk dapat tiket ke babak 2. Ternyata dewi fortuna tidak berpihak pada Itali. Itali tersingkir karena dikalahkan Slowakia 2 : 3.
Italia adalah dambaan dan unggulan banyak pihak. Dalam pertandingan terakhir jika dikaji ada kejadian yang bisa diperdebatkan saat Fabio Quagliarella pada menit ke-66 menembakkan bola dari daerah pinalti ke tengah gawang Slowakia yang mebentur kaki sebelah Skrtel. Posisi berdiri Skrtel yang mengangkangi garis gawang, satu kaki di luar garis sedangkan satu kaki di dalam garis batas. Sulit ditentukan gol atau bukan. Kenyataannya, wasit Howard Webb menyatakan itu bukan gol. Satu lagi pada menit 90' +5' tendangan kaki kanan dari Simone Pepe yang berada dekat gawang melebar. Jika lebih tenang sedikit mungkin sejarah bisa lain.
Ada juga yang memberikan pengandaian, Alessandro Del Piero (striker/penyerang senior) dan Francesco Totti(playmaker dan inspirator) jika dipanggil cerita Itali bisa berbeda. Untungnya pelatih MArcello Lippi mengakui bahwa kekalahan Itali adalah kesalahannya.
Dua mantan Juara Dunia, Perancis dan Itali harus pulang kandang Pelajaran penting bahwa kinerja masa lalu tidak menjamin prestasi ke depan. Kesebelasan yang terbaik, berlatih keras, berusaha keras dan bermental juaralah yang akan terseleksi dan mengangkat Piala Dunia tahun 2010 ini.

6 komentar:

  1. Yups, bener bgt mas prab, bola itu bundar... lebih sulit mempertahankan prestasi daripada meraihnya... tim yg solid, penuh semangat, pantang menyerah n tekun berlatih adalah kunci sukses mengangkat trophy juara..!! :) salam kenal..

    BalasHapus
  2. dibutuhkan sebuah tim sepakbola yg solid dan kompak,,
    ketika terdesakatau permainan lawan lebih keras maka jangan kehilangan gayapermainan,,gaya permainan yg cantik bisa mndatangkan juara k timtersebut..

    salam kenal
    http://blog.unand.ac.id/iwan06/

    BalasHapus
  3. IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

    BalasHapus
  4. @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

    BalasHapus
  5. Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

    BalasHapus
  6. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus